Jangan pernah meninggalkan ponsel di samping Anda saat Anda tidur. Inilah alasannya.


Karena modernisasi dunia saat ini, sebagian besar gadget, khususnya smartphone telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari setiap individu tanpa memandang usia mereka dan di mana mereka mungkin tinggal. Seiring berjalannya waktu, smartphone telah bergeser sebagai must-have yang sebagian besar orang gunakan selama lebih dari 24 jam dan meletakkannya hanya untuk sementara waktu bukan merupakan pilihan bagi mereka lagi. Orang biasanya tidak mematikannya atau mengubahnya ke mode pesawat bahkan pada malam hari.

Anda benar-benar akan tahu bahwa Anda telah mencapai tingkat kecanduan smartphone, yang sangat tidak sehat bagi kesehatan seseorang ketika Anda bahkan tidak bisa tidur di malam hari tanpanya di samping Anda. Sebagian besar orang biasanya meletakkan smartphone mereka di samping bantal atau di suatu tempat di dekat mereka ketika mereka pergi tidur.

Menurut sebuah survei, setidaknya ada 63 persen pengguna smartphone berusia antara 18 dan 29 yang benar-benar tidur dengan ponsel atau tablet mereka di tempat tidur mereka atau di samping mereka. Selain itu, tidak disarankan untuk membiarkan pengisian daya ponsel cerdas Anda di kamar tidur semalaman.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah menemukan bahwa kurang tidur kronis manusia terhubung ke gadget atau perangkat yang diizinkan di ruang tidur manusia. Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan mengungkapkan bagaimana cahaya biru buatan dipancarkan dari berbagai perangkat elektronik seperti ponsel, smartphone, tablet, dan juga laptop dan bahkan televisi yang mengaktifkan neuron yang membangkitkan dalam otak yang pada akhirnya mencegah orang dari kejatuhan tertidur atau memiliki perasaan mengantuk.

Selain itu, penggunaan berlebihan gadget ini tidak hanya memengaruhi kemampuan Anda untuk tertidur lelap, tetapi juga mengganggu produksi melatonin tubuh yang dikenal sebagai hormon penginduksi tidur yang memengaruhi kualitas tidur Anda.

Ini adalah alasan mengapa sebagian besar orang tua marah tentang penggunaan smartphone anak mereka yang berlebihan. Setiap orang harus menyadari fakta ini, sehingga risiko mereka memiliki tubuh yang tidak sehat dan rentan terhadap penyakit akan berkurang dan dicegah juga. Radiasi atau cahaya biru yang dipancarkan oleh teknologi dunia baru ini sangat berbahaya, yang pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai jenis masalah kesehatan, yang beberapa di antaranya tidak dapat diobati dengan penggunaan obat-obatan.

Di sisi lain, ada kalanya menggunakan smartphone tidak dapat menjadi batas atau mengurangi karena bekerja untuk orang dewasa dan bahkan karena kehidupan sosial bagi sebagian besar orang muda. Orang-orang biasanya menggunakan ponsel mereka untuk mengirim pesan teks, untuk menggulir media sosial, untuk mencari informasi yang berbeda di google, juga mendengarkan musik atau bahkan menonton beberapa video dan film.

Namun, jika menggunakan smartphone ini, sudah memengaruhi kehidupan dan aktivitas sehari-hari Anda, maka Anda harus membatasi diri untuk tidak menggunakannya, terutama pada malam hari karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan risiko Anda mengalami kecemasan tanpa sadar bahwa itu sudah terjadi. Anda harus berhenti menggunakan ponsel cerdas Anda secara berlebihan meskipun Anda tidak menyakiti siapa pun dan Anda tidak melakukan kesalahan apa pun, tetapi karena Anda harus melindungi diri dari penderitaan karena masalah kesehatan di masa depan.

Ada pertimbangan fisik dan psikologis yang harus dipertimbangkan dan harus diingat orang, terutama orang tua dari anak-anak. Anda tidak hanya menderita dari dalam tetapi juga membuat tubuh Anda menderita yang dimulai dengan jari lembut dan kecil yang terus menggesek, mengetik, dan mengirim pesan teks. Situasi semacam ini lebih dari sekadar kebiasaan jika Anda berpikir bahwa Anda adalah salah satu dari orang-orang yang telah kami uraikan di atas yang tidak ingin ponsel mereka berada jauh dari sisi mereka, lalu sebelum terlambat, hentikan kebiasaan itu.

Dengan rutin melakukan pengecekan atau mencari smartphone Anda untuk beberapa alasan akan membawa Anda ke masalah kesehatan berikut yang tercantum di bawah ini:

Anda akan menderita kecemasan atau stres
Anda akan mengalami masalah konsentrasi
Anda akan menderita insomnia
Anda akan memiliki kekurangan produktivitas
Anda juga akan memiliki masalah kognitif
Anda menderita mimpi buruk biasa
Anda akan mengalami sakit kepala yang konstan
Anda akan mudah kesal dan jengkel

Ini adalah beberapa contoh masalah kesehatan yang mungkin benar-benar Anda derita begitu Anda abaikan dan terus lakukan kebiasaan menjaga ponsel Anda dekat dengan Anda, terutama meletakkannya di bawah bantal. Karenanya, untuk menghindari dan membatasi intensitas efeknya bagi tubuh Anda, Anda perlu melakukan dan mempraktikkan tips berikut di bawah ini untuk keuntungan Anda sendiri:

Anda perlu mengurangi periode panggilan telepon harian, teks, dan berselancar di internet.
Saat Anda tidak menggunakan ponsel cerdas Anda, setel ponsel Anda ke mode pesawat atau Anda bisa mematikannya untuk menghemat baterai.

Jangan praktikkan kebiasaan tidur di dekat ponsel Anda, terutama ketika dihidupkan.
Kamu boleh menggunakan headset atau speaker selama panggilan telepon, sehingga Anda dapat mencegahnya terlalu dekat di kepala Anda.

Cari jenis penerimaan yang baik sehingga ponsel cerdas Anda hanya menggunakan daya yang lebih sedikit.

Jika Anda tidak menemukan kesulitan untuk mematikannya di malam hari, maka Anda harus mempraktikkan kebiasaan mematikannya, terutama ketika tidak digunakan. Sebagian besar orang tua harus mengetahui dan diberitahu tentang hal ini sehingga waktu penggunaan smartphone anak mereka akan berkurang karena merekalah yang lebih rentan terhadap cahaya biru dan radiasi karena tengkorak mereka yang lebih tipis, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak mereka yang lebih cepat.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Loading...

0 Response to "Jangan pernah meninggalkan ponsel di samping Anda saat Anda tidur. Inilah alasannya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel