Bahaya Lensa Kontak: Risiko Mata Anda Menggunakan Lensa Kontak


Saat ini, ada lebih dari 125 juta orang di seluruh dunia yang menggunakan lensa kontak secara teratur. Apa yang mereka mungkin tidak tahu adalah bahwa memakai lensa kontak menempatkan Anda pada risiko beberapa kondisi serius mulai dari sembuh sendiri hingga penyakit yang mengancam penglihatan seperti borok kornea dan infeksi mata seperti Acanthamoeba keratitis.



Infeksi mata Acanthamoeba pada pemakai lensa kontak jarang terjadi tetapi serius, dan sering terjadi karena penanganan lensa yang tidak tepat dan kebersihan yang buruk.

Keratitis Acanthamoeba lanjut dapat menyebabkan "cincin" putih menutupi iris, serta kemerahan pada putih mata.

Perawatan lensa kontak yang tepat sangat mengurangi risiko semua infeksi mata terkait lensa kontak, termasuk yang disebabkan oleh Acanthamoeba.

Pencegahan selalu merupakan pendekatan terbaik, karena keratitis Acanthamoeba bisa sangat sulit diobati; pada kenyataannya, kadang-kadang infeksi ini memerlukan transplantasi kornea, yang merupakan prosedur bedah serius.

Apa itu Acanthamoeba?


Acanthamoeba adalah amuba yang muncul secara alami (hewan kecil, bersel satu) yang biasa ditemukan di sumber air, seperti air ledeng, air sumur, bak air panas, dan sistem tanah dan pembuangan kotoran.

Jika parasit kecil ini menginfeksi mata, Acanthamoeba hasil keratitis. Kondisi ini pertama kali didiagnosis pada tahun 1973, dengan sekitar 90 persen kasus melibatkan pemakai lensa kontak.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dan peneliti lain telah mencatat wabah sporadis kasus Acanthamoeba keratitis di antara pemakai lensa kontak.

Apa yang menyebabkan Acanthamoeba Keratitis?


Faktor dan kegiatan yang meningkatkan risiko tertular Acanthamoeba keratitis termasuk menggunakan keran yang terkontaminasi atau air sumur pada lensa kontak, menggunakan solusi buatan sendiri untuk menyimpan dan membersihkan kontak, memakai lensa kontak di bak mandi air panas dan berenang atau mandi sambil mengenakan lensa.

Kasing lensa yang kotor juga dapat menjadi sumber infeksi Acanthamoeba.

Selain itu, beberapa ilmuwan berteori bahwa peraturan Badan Perlindungan Lingkungan AS yang baru yang bertujuan mengurangi produk karsinogenik (berpotensi menyebabkan kanker) seperti desinfektan dalam pasokan air mungkin secara tidak sengaja meningkatkan risiko mikroba, termasuk kemungkinan meningkatnya menemukan Acanthamoeba dalam persediaan air.

Peneliti lain mengaitkan peningkatan baru-baru ini dalam infeksi mata terkait lensa kontak dengan pengenalan sistem perawatan lensa "tanpa gosok" yang dapat mengakibatkan pembersihan dan desinfeksi lensa kontak yang kurang efektif.

Bagaimana Anda Tahu Jika Anda Mengalami Keratitis Acanthamoeba?


Gejala Acanthamoeba keratitis termasuk mata merah dan sakit mata setelah melepas lensa kontak Anda, serta merobek, sensitivitas cahaya, penglihatan kabur dan perasaan bahwa ada sesuatu di mata Anda.

Dengan gejala-gejala seperti ini, Anda harus selalu menghubungi dokter mata Anda. Tetapi perlu diingat bahwa Acanthamoeba keratitis seringkali sulit didiagnosis oleh dokter mata Anda pada awalnya, karena gejalanya mirip dengan gejala mata merah muda dan infeksi mata lainnya.

Diagnosis keratitis sering terjadi setelah ditentukan bahwa kondisinya resisten terhadap antibiotik yang digunakan untuk menangani infeksi lain. Ulserasi "seperti cincin" pada jaringan kornea Anda juga dapat terjadi.

Sayangnya, jika tidak segera diobati, keratitis Acanthamoeba dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen atau memerlukan transplantasi kornea untuk memulihkan kehilangan penglihatan.

Bagaimana Cara Mengurangi Risiko Mendapatkan Acanthamoeba Keratitis?
Ada beberapa cara mudah untuk mengurangi kemungkinan mendapatkan kondisi yang mengancam penglihatan ini - dan, pada kenyataannya, semua jenis infeksi mata terkait lensa kontak:

- Lensa kontak untuk jaga-jaga.
- Ingatlah untuk juga membersihkan dan mensterilkan casing lensa Anda, untuk menghindari kontaminasi Acanthamoeba.
- Ikuti rekomendasi dokter mata Anda mengenai perawatan lensa kontak Anda. Gunakan hanya produk yang dia rekomendasikan.
- Jangan pernah gunakan air ledeng dengan lensa kontak Anda. FDA merekomendasikan bahwa lensa kontak tidak boleh terkena air jenis apa pun.
- Jangan berenang, mandi atau menggunakan bak mandi air panas saat memakai kontak. Jika Anda memutuskan untuk memakai lensa saat berenang, pakai kacamata renang kedap udara di atasnya.
- Pastikan untuk merendam lensa Anda dalam larutan disinfektan segar setiap malam. Jangan gunakan larutan pembasah atau larutan salin yang tidak dimaksudkan untuk disinfeksi.
- Selalu cuci tangan Anda sebelum memegang lensa Anda.
- Kecuali jika Anda mengenakan lensa kontak sekali pakai yang diganti setiap hari, selalu bersihkan kontak Anda segera setelah dilepas, gosok lensa di bawah aliran solusi multiguna - bahkan jika menggunakan solusi "tanpa gesekan" - dan menyimpannya dalam wadah bersih yang diisi dengan segar (bukan "diakhiri") solusi multiguna atau disinfektan.
- Jaga Kasing Lensa Kontak Anda
- Kebersihan dan perawatan yang tepat sama pentingnya untuk kasus lensa kontak.

Penting untuk membersihkan, membilas, dan mengeringkan wadah lensa kontak Anda segera setelah melepas lensa dari wadahnya. Buang larutan lama dan gosok dinding bagian dalam kasing dengan jari yang bersih setidaknya selama lima detik. Kemudian isi kasing dengan multi larutan atau larutan garam steril (bukan air ledeng atau botolan), buang ini, dan simpan kasing terbalik dengan penutup lepas.

Sebagai tindakan pencegahan ekstra, Anda mungkin ingin mempertimbangkan mensterilkan wadah lensa kontak kosong Anda seminggu sekali dengan merendamnya dalam air mendidih selama beberapa menit.

Banyak dokter mata juga mengatakan Anda harus membuang dan mengganti wadah lensa kontak Anda setiap bulan atau, setidaknya, setiap tiga bulan untuk membantu mencegah kontaminasi.

Sekali lagi, pencegahan adalah pertahanan terbaik Anda melawan Acanthamoeba keratitis. Selalu gunakan kebersihan yang baik selama penggunaan dan perawatan lensa kontak. Dan jika Anda melihat gejala mata yang tidak biasa yang mungkin mengindikasikan infeksi, segera konsultasikan dengan dokter mata Anda.

Tonton video ini dari seorang pasien yang didiagnosis dengan Acanthamoeba Keratitis.


HALAMAN SELANJUTNYA:

Loading...

0 Response to "Bahaya Lensa Kontak: Risiko Mata Anda Menggunakan Lensa Kontak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel